A Dialogue of Comfort Against Tribulation

A Dialogue of Comfort Against Tribulation

IPS Jawab lah 2 pertanyaan dibawah ini dengan benar !!
Asal asalan Report !!​

Jawab lah 2 pertanyaan dibawah ini dengan benar !!
Asal asalan Report !!​

Jawaban:

5). Ciri ciri zaman :

[a]. Arkaikum = Berlangsung kira² sejak 2.500 juta tahun yang lalu, Kulit bumi masih panas, Belum terdapat kehidupan.

[b] Paleozoikum = Berlangsung kira² 340 juta tahun yang lalu,Sudah ditandai dengan munculnya tanda² kehidupan, munculnya binatang² kecil yang tidak bertulang punggung.

[c]. Mesozoikum = Berlangsung sejak kira² 140 juta tahun yang lalu, Mulai muncul berbagai jenis burung, Binatang binatang mencapai bentuk tubuh yang besar sekali, kita mengenalnya sebagai Dinosaurus.

[d]. Neozoikum = Berlangsung sejak kira² 60 juta tahun yang lalu, Dibagi menjadi 2, yaitu : zaman tersier dan zaman kuartier, Jenis² reptil besar mulai punah dan umumnya dikuasai oleh hewan² besar yang menyusui.

6). Jenis jenis bangunan megalitik

[1]. Menhir

Menhir adalah bangunan berupa batu tegak atau tugu yang berfungsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang atau tanda peringatan untuk orang yang telah meninggal.

[2]. Dolmen

Dolmen adalah bangunan berupa meja batu, terdiri atas batu lebar yang ditopang oleh beberapa batu yang lain. Dolmen berfungsi sebagai tempat persembahan untuk memuja arwah leluhur. Disamping sebagai tempat pemujaan, dolmen berfungsi sebagai pelinggih, tempat duduk untuk kepala suku atau raja.

[3]. Kubur peti batu

Kubur peti batu adalah tempat penyimpanan mayat. Kubur peti batu ini dibentuk dari 6 buah papan batu, dan sebuah penutup peti. Papan papan batu itu disusun secara langsung dalam lubang yang telah disiapkan terlebih dahulu, dan biasanya diletakkan membujur ke arah sungai atau gunung.

[4]. Waruga

Waruga merupakan peti kubur batu dalam ukuran yang kecil. Bentuknya kubus dan bulat. Waruga banyak ditemukan di Sulawesi Tengah.

[5]. Sarkofagus

Sarkofagus adalah bangunan berupa kubur batu yang berbentuk seperti lesung dan diberi tutup. Sarkofagus banyak ditemukan di daerah Bali.

[6]. Punden berundak

Punden berundak adalah bangunan bertingkat yang dihubungkan tanjakan kecil. Punden berundak berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang.

[7]. Patung

Bentuk patung masih sangat sederhana umumnya berbentuk binatang atau manusia.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat/membantu

Maaf kalo salah

[answer.2.content]